Cara Merawat Hadroh


Assalamu'alaikum wr.wb
Bismillahirrahmanirrahim alhamdulillahi rabbil ‘alamin wa sholatu wassalamu ‘ala asyrafil anbiya’i wal mursalin sayyidina wamaulana Muhammadin wa ‘ala alihi wa shahbihi ajma’iin, amma ba'adu.
      Banyak orang berpikir dengan menjemur hadroh kulit hadroh akan menjadi kencang, tapi sebaiknya itu jangan di lakukan karena kulit hadroh hanya terasakencang sesaat dan setelahnya akan menjadi cepat kendor. Nah lalu bagai mana cara merawat hadroh agar suaranya tetap bagus ? ini dia caranya :
1.Setelah pemakaian usaplah bagian kulit hadroh dengan tangan yang sudah di basahi dengan air bersih supaya keringat dan kotoran lainya yang menempel agar bisa hilang. setelah itu usaplah/bersihkandengan kain kering yang halus atau bisa juga dengan canebo.
2.Jangan sekali-kali menjemur hadroh di bawah terik matahari, karena dapat mengganggukesetabilan suara, dan begitu pula sebaliknya apabila dalam kondisi keadaan lembab akan membuat bagian kulit menjadi kendor.
3. Pada saat istirahat pemakaian, taruhlah hadroh pada tempat yang aman misalnya di atas karpet yang halus dalamposisi bagian kulit diatas kemudian di tumpangi lagi diatasnya hadroh dengan bagian kulit saling berhadapan.
4. Janganlah menempatkan Hadroh di sembarang tempat pada bagian yang keras dan kasar, karena dapat merusak bagian kulit dan body Hadroh.
5. Bungkus Hadroh dengan plastik tanpa di ikat, kemudian masukan kedalam tas hadroh dengan resleting tidak menutup sepenuhnya agar sirkulasi udara dapat masuk.
6. Taruhlah hadroh yang sudah di bungkus tadi dilemari dan usahakan tidak tertutup rapat.
7. Hindari menyimpan di tempat yang panas dan lembab, simpanlah di tempat yang sejuk dan kering.
     sekian, mudah2n dapat bermanfaat
wassalamu'alaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar