Apa itu hadroh ?

Assalamualaikum Wr Wb

Bismillahirrahmanirrahim alhamdulillahi rabbil ‘alamin wa sholatu wassalamu ‘ala asyrafil anbiya’i wal mursalin sayyidina wamaulana Muhammadin wa ‘ala alihi wa shahbihi ajma’iin, amma ba'adu.

Ahlan wa sahlan kami ucapkan kepad pengunjung yang mudah-mudahan selalu dalam lindungan Allah SWT.
   
 Disini kami akan berbagi sedikit pengetahuan tentang hadroh. Mungkin ada sebagian orang yang bertanya tanya "APA ITU HADROH ??". Nah berikut berikut penjelasannya.
  
  Hadroh adalah alat musik rebana yang di mainkan saling tanya jawab untuk mengiringi pembacaan sholawat ataupun syair-syair islami. Hadroh sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam. Dikisahkan pada saat baginda nabi hijrah dari makkah ke madinah, baginda nabi di sambut gembira oleh orang-orang anshor dengan nyanyian/syair yang dikenal dengan sholawat "thola'al badru 'alaina" diiringi oleh hadroh dengan pukulan terbang atau pukulan bertempo cepat.
   
     Hadroh menurut bahasa diambil dari kalimat bahasa Arab yaitu hadhoro atau yuhdhiru atau hadhron atau hadhrotan yang berarti kehadiran. Hadroh menurut ustilah adalah suatu metode yang bermanfaat untuk membuka jalan masuk ke ‘hati’, karena orang yang memainkan hadroh dengan benar terangkat kesadarannya akan kehadiran Allah dan Rasul-Nya. Dengan mendengarkan syair-syair yang di iringi oleh hadroh  akan membawa dampak kecintaan kepada Allah dan Rasul-Nya, karena syair-syair Islami yang dibawakan mengandung ungkapan pujian dan keteladanan sifat Allah dan Rasulallah yang agung.
    
     Satu set alat musik hadroh biasanya terdiri dari empat buah kecimpring yang di mainkan tanya jawab, satu buah bass duduk, dan satu buah timbal. Biasanya sering juga di tambah dengan keprak atau rampak hadroh dan darbuka. Untuk acara-acara besar biasanya kecimpring yang di mainkan tidak hanya satu set melainkan dua bahkan sampai enam set kecimpring agar makin meriah. Saat ini hadroh sering terlihat di acara-acara PHBI terutama Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, untuk mengiringi pembacaan sholawat. Selain itu saat ini hadroh juga sering terlihat di acara-acara pernikahan, khitanan, akikahan, dan festival musik islami.
   
     Mungkin itu saja yang kami ketahui tentang hadroh meski sedikit mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita, apabila ada kesalahan atau kekeliruan dari yang kami sampaikan, mohon di benarkan dengan berkomentar di bawah. Mohon maaf atas segala kesalah.

Wassalamualaikum Wr Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar